Laporan Geladi BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan

Logo BPJS Kesehatan

Sesuai dengan judulnya postingan pertama ini akan membahas tentang pengalaman yang saya dapatkan selama melakukan geladi di BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan

Sebagai salah satu bentuk pembekalan bagi mahasiswa dalam mengetahui dunia kerja, Geladi 2015 yang diperuntukkan untuk mahasiswa Telkom University angkatan 2013 (Satrata I) dan angkatan 2014 (Diploma III) berguna bagi mahasiswa untuk melatih kemampuannya untuk beradaptasi dengan dunia kerja. Geladi 2015 ini berlangsung selama ± 6 Minggu (1 Juni – 10 Juli 2015).

Dalam geladi tahun ini terdapat salah satu perusahaan yang bekerja sama yaitu BPJS Kesehatan yang merupakan salah satu Badan Hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakanprogram Jaminan Kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Sebelumnya BPJS Kesehatan adalah ASKES yang sama – sama manjalankan jaminan kesahatan. Tetapi saat masih menjadi ASKES yang ditangani hanya terbatas dari golongan PNS, TNI/POLRI, Pensiunan PNS, Veteran, Pejabat Negara, Prgawai Pemerintah non-PNS, dan Perintis Kemerdekaan. Di BPJS Kesehatan terdapat beberapa bagian diantaranya ada bagian Kepesertaan yang melayani pendaftaran peserta dan pencetakan kartu BPJS Kesehatan.Dari berbagai peserta yang mendaftar di BPJS Kesehatan dengan membawa kepribadiannya masing – masing sering kali terjadi berbagai kendala dalam proses pendaftaran. Tapi syukurnya kendala tersebut dapat diselesaikan dengan cepat tanpa adanya kendala lain yang muncul dikemudian hari.

 

BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan

 

Pertama-tama kita bahas apasih itu BPJS Kesehatan? Ada yang bilang itu perusahaan asuransi jadi kalau kita sakit kita bisa klaim untuk minta asuransi kita. Tapi sebenarnya BPJS Kesehatan sebagaimana tulisan pertama saya diatas ia adalah perusahaan yang diberikan mandat oleh pemerintah melaksanakan jaminan kesehatan sebagaimana diatur dalam Undang Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Perpres Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan yang kemudian diubah dalam Perpres Nomor 111 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 12 Tahun 2003 tenteng Jaminan Kesehatan.

Visi dan Misi dari BPJS Kesehatan adalah:

VISI

CAKUPAN SEMESTA 2019

Paling lambat 1 Januari 2019, seluruh penduduk Indonesia memiliki jaminan kesehatan nasional untuk memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatannya yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan yang handal, unggul dan terpercaya.

MISI

  1. Membangun kemitraan strategis dengan berbagai lembaga dan mendorong partisipasi masyarakat dalam perluasan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
  2. Menjalankan dan memantapkan sistem jaminan pelayanan kesehatan yang efektif, efisien dan bermutu kepada peserta melalui kemitraan yang optimal dengan fasilitas kesehatan.
  3. Mengoptimalkan pengelolaan dana program jaminan sosial dan dana BPJS Kesehatan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel untuk mendukung kesinambungan program.
  4. Membangun BPJS Kesehatan yang efektif berlandaskan prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik dan meningkatkan kompetensi pegawai untuk mencapai kinerja unggul.
  5. Mengimplementasikan dan mengembangkan sistem perencanaan dan evaluasi, kajian, manajemen mutu dan manajemen risiko atas seluruh operasionalisasi BPJS Kesehatan.
  6. Mengembangkan dan memantapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung operasionalisasi BPJS Kesehatan.

Sebelum melakukan Geladi saya melakukan survei lokasi untuk melihat dimana lokasi BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan (maklum belum tahu lokasi BPJS Kesehatan hehehe…..). Setelah menemukan lokasi BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan dimana, pada hari senin tanggal 1 Juni saya beserta teman-teman yang melakukan Geladi di BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan mulai melapor kepihak BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan sebagai mahasiswa Geladi dari kampus Telkom University.

Pengenalan Tempat Kerja/Geladi

  • Perkenalan antara mahasiswa dengan karyawan yang ada di BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan
  • Perkenalan ruang dan sarana kerja

Pembagian Tempat Kerja/Geladi

  • Mahasiswa ditugaskakan ke beberapa unit
    1. Unit Kepesertaan
    2. Unit Pemasaran
  • Pertukaran Posisi Mahasiswa dari masing – masing unit

Pelaksanaan Kerja/Geladi di masing-masing Unit

  • Unit Kepesertaan
    1. Menerima Peserta Mandiri yang ingin mendaftar di BPJS Kesehatan
    2. Memberikan informasi yang dibutuhkan peserta dalam proses pendaftaran maupun konseling tentang BPJS Kesehatan
    3. Input data peserta mandiri yang mendaftar di BPJS Kesehatan beserta cetak Virtual Account peserta
    4. Input data karyawan Badan Usaha
    5. Input data peserta TNI/POLRI
    6. Olah data kepesertaan BU, TNI/POLRI, dan lain-lain
    7. Cetak Kartu BPJS Kesehatan
  • Unit Pemasaran
    1. Menerima Peserta Badan Usaha yang ingin mendaftar di BPJS Kesehatan
    2. Memberikan informasi yang dibutuhkan peserta dalam proses pendaftaran maupun konseling tentang BPJS Kesehatan
    3. Input data karyawan Badan Usaha
    4. Input data peserta TNI/POLRI
    5. Olah data kepesertaan BU, TNI/POLRI, dan lain-lain
    6. Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Untuk melihat lebih detail tentang laporan ini dapat dilihat di sini

Walaupun program geladi ini telah dilaksanakan selama bertahun-tahun, karena pada tahun ini BPJS Kesehatan baru pertama kali melaksanakan kerja sama dengan pihak kampus Telkom University sehingga masih banyak mahasiswa maupun kantor-kantor BPJS Kesehatan yang belum tahu mau ditempatkan diposisi mana.

Beberapa Foto Kenangan bersama BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan

Foto bersama BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan

Foto bersama BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan

1439874721646

Buka Bersama BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan

Bersama Teman-Teman Geladi se-Balikpapan

Bersama Teman-Teman Geladi se-Balikpapan

 

Nah itulah beberapa hal yang bisa saya bagi kepada teman-teman dari geladi saya tahun ini.

 

2 comments

  1. Dear eki,
    Ada yg mau saya tanyakan. If you say so, please contact me at my gmail or @viniwidivici me on any socmeds.

    Thanks and best regards.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *